Peresmian Padepokan Pintar Pemilu (Papinlu)

kpud-depokkota.go.id – Peresmian Padepokan Pintar Pemilu (Papinlu) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok dilaksanakan pada Hari Jumat Tanggal 11 Agustus 2017. Padepokan Pintar Pemilu (Papinlu) diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih saat Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2018. Sebab, dengan dibentuknya Papinlu tersebut, dapat mendorong upaya KPU dalam melakukan sosialisasi Pilgub 2018. Terutama dalam menginformasikan kepada para pemilih pemula yang ada di Kota Depok.

Ketua KPU Kota Depok Titik Nurhayati menuturkan, Papinlu tidak hanya sebagai tempat koordinasi saja, tetapi sebagai sumber informasi bagi masyarakat untuk mencari data tentang demokrasi dan kepemiluan. “Di sini ada beragam pustaka yang dilengkapi dengan teknologi. Papinlu bisa menjadi rumah belajar bagi siswa dan tidak dikenakan biaya. Kami juga bersedia menjadi guru tamu secara gratis bagi sekolah di kota Depok,” kata Titik.

Dia berharap, dengan berbagai persiapan sosialisasi serta pembentukan Papinlu, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pilgub Jabar 2018.

Adapun KPU Kota Depok menargetkan, sebanyak 75 persen pemilih di Kota Depok datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menentukan pilihannya. “Kalau pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok 2015 tingkat partisipasinya hanya 56 persen, kami harapkan untuk Pilgub Jabar 2018 jumlahnya meningkat,” ujar Titik. (MGDS)