TB Hasanuddin dan Anton Charliyan Jadi Penutup Pendaftaran KPU Jabar, 4 Pasangan Siap Bertarung

Bandung, rampungnya rangkaian pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jabar, Tb Hasanuddin dan Anton Charliyan, maka sudah empat pasangan calon yang mendaftar ke KPU Jabar.

Karena itu pula KPU Jabar “tutup warung” lebih awal untuk pendaftaran Pilgub Jabar.

“Harusnya tutup jam 24.00, tapi karena secara matematis sudah nggak mungkin lagi ada yang daftar, jadi kami tutup pada pukul 17.00 WIB,” ujar Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat, di Kantor KPU Jabar, Rabu (10/1/2018).

Yang dimaksudkan oleh Yayat secara matematis tidak mungkin adalah karena seluruh partai yang mempunyai kursi di DPRD Jabar sudah menyatakan dukungannya ke satu pasangan calon.

Empat pasangan calon tersebut adalah Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum yang diusung oleh empat partai, yaitu PPP, PKB, Nasdem dan Hanura dengan total 24 kursi di DPRD Jabar.

Lalu pasangan Duo DM, Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi yang diusung oleh Golkar dan Demokrat dan mengantongi kursi di DPRD Jabar sebanyak 29 kursi.

Sedangkan Sudrajat dan Akhmad Syaikhu diusung oleh koalisi yang sama seperti Anies-Sandi di Pilgub DKI Jakarta, yaitu PKS, Gerindra dan PAN dengan total 27 kursi.

Adapun pasangan Tb Hassanudin dan Anton Charliyan diusung oleh PDIP yang mempunyai jumlah kursi yang sama dengan syarat minimal yaitu 20 kursi.

Karena itulah Yayat mengatakan, pendaftaran Pilgub Jabar sudah tidak mungkin akan ada lagi pasangan calon yang mendaftar.